cara penarikan dana prudential

Cara penarikan dana prudential sangatlah mudah dan cepat. Sebagai produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link), anda bisa mengambil dana prudential setelah 10 tahun. Jika sebelum 10 tahun anda mengalami kondisi darurat keuangan, harap berkonsultasi kepada Agen Prudential Anda.

Pencairan dana prudential sendiri terbagi menjadi dua pilihan, sebagian dan seluruhnya. Pastikan anda memahami kedua Pilihan Penarikan Dana Prudential tersebut. Selain itu, yakinkan pula diri anda terhindar dari 5 Kerugian Menarik Dana Prudential sebelum Masa Kontrak Berakhir (menunggu update).

Berikut akan dijabarkan poin-poin yang perlu anda pahami sebelum mencairkan dana prudential.

 

Pilihan Penarikan Dana Prudential

Saat anda memutuskan untuk menarik dana dari Prudential, anda memiliki dua pilihan, yaitu menarik dana sebagain (withdrawal) atau menarik dana seluruhnya (surrender). Apabila anda menarik dana sebagian, artinya status polis anda masih aktif dan manfaat asuransi anda masih berlaku. Sedangkan apabila anda berniat menarik dana seluruhnya, maka status polis anda menjadi tidak aktif dan manfaat asuransi yang selama ini anda terima akan berakhir.

Pilihan mana yang terbaik untuk anda? Dalam setiap kondisi, pilihan terbaik akan berbeda. Ada kalanya anda lebih baik menarik sebagian, ada pula ketika di mana anda lebih baik menutup asuransi prudential anda. Kami sarankan agar anda melakukan Konsultasi kepada Agen Prudential.

Baik, untuk selanjutnya, yang akan kami bahas adalah Cara Penarikan Dana Prudential Sebagian (withdrawal). Sehingga, polis anda masih tetap aktif. Untuk mengetahui Cara Penarikan Dana Prudential Seluruhnya anda dapat melihat Cara Menutup Asuransi Prudential.

 

Cara Penarikan Dana Prudential

Terdapat banyak cara untuk mencairkan dana dari asuransi prudential yang anda miliki. Beberapa di antaranya dapat dilakukan dengan bantuan agen, datang langsung ke kantor pusat, datang ke kantor cabang prudential di kota anda, atau melalui kiriman pos ke kantor pusat.

 

1. Penarikan Dana melalui Agen

Diantara semua cara, pilihan ini yang termudah. Agen prudential anda telah terlatih untuk melakukan pelayanan ini. Selain itu, wawasan tentang produk dan prudential agen juga telah mumpuni. Kami sangat menyarankan anda menyampaikan niatan penarikan dana kepada agen prudential anda. Mereka siap melayani anda dengan baik.

Apabila agen prudential anda sudah tidak aktif, nasabah dapat menghubungi customer service prudential untuk mengetahui agen penggantinya. Selain itu, anda juga dapat berkonsultasi melalui Konsultasi Prudential untuk mendapatkan bantuan penarikan dana.

Saran: Hubungi Agen Prudential Anda untuk melakukan Penarikan Dana Tunai dengan mudah.

 

2. Datang Langsung ke Kantor Pusat Prudential

Kantor pusat prudential berlokasi di Jakarta. Semua keperluan nasabah pada akhirnya akan bermuara di sini. Jadi, apabila anda datang langsung ke kantor pusat prudential, proses penarikan dana anda akan menjadi lebih cepat.

Alamat Kantor Pusat Prudential Jakarta:
Prudential Tower, Jl. Jend. Sudirman kav. 79, Jakarta 12910, INDONESIA

Jam Kerja Customer Care Center (Walk-in):
Senin – Jumat: 08.15 – 16.30 WIB
Sabtu : 08.15 – 12.00 WIB

Pelayanan yang dapat dilakukan pada hari Sabtu:
1. Pendaftaran PRUaccess;
2. Pembaruan data Pemegang Polis;
3. Perubahan cara bayar dari tunai menjadi autodebit kartu kredit (Visa/ Master/ Kartu Kredit BCA) atau autodebit rekening tabungan (Bank Permata/ Bank Mandiri/ Bank BCA/ Bank BII/ Bank BRI/ Bank BNI/ Bank CIMB Niaga).

Pastikan anda telah membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan Dokumen Persyaratan Penarikan Dana Prudential. Jangan lupa pula untuk meminta bukti tanda kedatangan setelah anda selesai.

Untuk proses yang lebih cepat, anda dapat meminta Formulir Penarikan Dana kepada agen Prudential atau melalui Permohonan Formulir Prudential. Kemudian, membawa formulir yang telah diisi dan ditandatangani ke kantor pusat.

Saran: Datang langsung ke kantor pusat, apabila anda berdomisili di jabodetabek.

 

3. Penarikan Dana Melalui Kantor Cabang di Kota Anda

Untuk nasabah di luar jabodetabek, melakukan penarikan dana melalui kantor cabang prudential di kota anda dapat menjadi salah satu pilihan. Namun, perlu diingat bahwa kantor cabang di berbagai daerah mayoritas memiliki fungsi pemasaran. Untuk itu, ada baiknya anda mencari informasi terlebih dulu mengenai kantor tersebut.

Berkas yang diterima di kantor cabang pada akhirnya akan dikirim ke kantor pusat untuk diproses. Hal ini akan menambah waktu yang dibutuhkan dalam proses penarikan dana anda.

Saran: Datang ke kantor cabang apabila anda tidak dalam kondisi mendesak untuk mencairkan dana prudential.

 

4. Kirim Berkas Penarikan Dana melalui Kantor Pos

Dengan merogoh kocek untuk biaya kantor pos, anda dapat dengan mudah melakukan penarikan dana prudential. Dalam hal ini, pastikan anda mengetahui Contoh Pengisian Formulir Penarikan Dana Prudential, Kelengkapan Berkas untuk di kirim, dan informasi dasar seputar polis asuransi anda.

Informasi dasar polis yang dibutuhkan yaitu Nomor Polis, Saldo Polis, dan Pilihan Dana Investasi yang diambil. Untuk bantuan lebih lanjut mengenai hal ini, anda dapat berkonsultasi kepada kami melalui Konsultasi Prudential.

Selanjutnya, berkas langsung dikirim ke kantor pusat untuk ditujukan ke bagian customer service prudential.

Saran: Kirim berkas penarikan dana apabila anda mengetahui caranya, atau telah menelpon customer service prudential.

 

Contoh Pengisian Formulir Penarikan Dana Prudential

Berikut akan dicontohkan penarikan dana nasabah bernama Pak Ali (no polis: 123456) yang telah memiliki polis asuransi lebih dari 10 tahun. Pada tahun ke-10, saldo prudential yang dimiliki pak Ali adalah 100 juta rupiah. Dia ingin mengambil sebagian saldonya sebesar 50 juta rupiah untuk biaya kuliah anaknya.

 

1. Persiapan Pengisian Formulir

Sebelum mengisi formulir penarikan dana, anda perlu mengetahui Jumlah Saldo Tunai Prudential yang anda miliki dan Jenis Dana Investasi Prudential anda. Pastikan pula polis anda dalam keadaan aktif dan memenuhi Persyaratan Penarikan Dana Prudential.

Untuk mengetahui semua itu Hubungi Agen/CS Prudential atau tanyakan melalui Konsultasi Prudential.

 

2. Data Diri dan Alasan Penarikan Dana

Isi data diri anda sesuai gambar berikut.

data diri dan alasan penarikan dana

Untuk contoh Pak Ali, maka dia akan mengisi

Nama Pemegang Polis: ALI

Nomor Polis: 123456

Alasan Penarikan dana:

(Pilih / Centang -> Memerlukan Dana)

 

3. Jumlah Penarikan Dana

Selanjutnya, lengkapi jumlah penarikan dana yang anda inginkan.

jumlah penarikan dana pada formulir withdrawal

Jumlah penarikan dana ini disesuaikan dengan Jenis Dana Investasi nasabah. Sebagai contoh, apabila dana Pak Ali diinvestasikan pada PRUlink Syariah Rupiah Equity Fund (Rp), maka dia akan mengisi senilai Rp 50 juta pada kolom tersebut.

PRUlink Syariah Rupiah Equity Fund:  Rp 50000000

Apabila anda tidak mengetahui jenis dana investasi anda, anda dapat Bertanya kepada Agen Prudential atau mengeceknya melalui Pruaccess Prudential.

 

4. Bentuk Pembayaran

Bentuk pembayaran langsung saja dipilih Ditransfer ke Rekening.

bentuk pembayaran pada formulir withdrawal

Kemudian, data rekening diisi sesuai dengan yang tertera pada fotocopy buku rekening.

Nama Pemilik Rekening: ALI

Nomor Rekening: 0123456789

Nama Bank: BCA

Cabang/Unit: SUDIRMAN

Kota: JAKARTA

Jenis Mata Uang Rekening: (Pilih / Centang -> Rupiah)

Negara: INDONESIA

NPWP: 012345690000000

 

5. Tanda Tangan

Baca ketentuan-ketentuan yang ada pada formulir, kemudian bubuhkan tanda tangan dan nama jelas. Perhatikan bahwa tanda tangan haruslah sesuai dengan tanda tangan pada fotocopy identitas (pemegang polis).

 

Persyaratan Dokumen Penarikan Dana Prudential

Berkas-berkas yang diperlukan untuk mencairkan uang anda di Prudential, diantaranya:

  1. Fotocopy Identitas Diri (KTP/SIM/Passport)
  2. Fotocopy Buku Rekening
  3. Formulir Penarikan Dana Prudential
  4. Surat Pernyataan Tambahan Withdrawal Prudential

Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan Identitas Diri yang anda gunakan masih berlaku (belum melewati tanggal berlakunya)
  • Gunakan fotocopy buku rekening yang tertera nama pemilik rekening (halaman pertama buku rekening). Buku rekening yang digunakan adalah buku rekening pemegang polis.
  • Pastikan fotocopy buku rekening sama dengan nama pada fotocopy identitas diri.
  • Anda bisa mendapatkan Formulir Penarikan Dana Prudential pada Formulir Prudential.

 

Persyaratan Pencairan Dana Prudential

Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi diantaranya:

  • Status Polis nasabah dalam keadaan Aktif (inforce), Tidak dalam Cuti Premi (premium holiday)
  • Untuk Produk Investasi Prudential (Syariah dan Nonsyariah):
    Minimum penarikan Rp 1 Juta dan Minimum sisa saldo Rp 15 Juta
  • Untuk Produk Asuransi Prudential (Nonsyariah):
    Minimum penarikan Rp 500 Ribu dan Minimum sisa saldo Rp 1 Juta
  • Untuk Produk Asuransi Prudential (Syariah):
    Minimum penarikan Rp 1 Juta dan Minimum sisa saldo Rp 3 Juta
  • Nama pemilik rekening harus sama dengan nama Pemegang Polis.
  • Tanda tangan pada formulir penarikan dana harus sama dengan tanda tangan pada identitas pemegang polis.

 

Ketentuan Pencairan Dana Prudential

  • Anda akan mendapat sms konfirmasi dari Prudential bahwa pengajuan penarikan dana anda telah diterima.
  • Dana akan dikirim paling lama 12 hari kerja setelah pengajuan penarikan dana diterima.
  • Tidak ada pemberitahuan dana masuk dari prudential. Pemberitahuan keluar-masuk uang pada Rekening anda merupakan Kewenangan Bank. Anda dapat mengecek sendiri melalui atm atau internet banking. Anda juga dapat mengaktifkan fitur pemberitahuan dana masuk pada bank anda.
  • Prudential akan memberikan Pemberitahuan Penarikan Dana Telah Selesai Diproses. Pemberitahukan diberikan melalui sms pada nomor yang terdaftar. Selain itu, status penarikan dana dapat dicek melalui Pruaccess Prudential.

 

Cara Penarikan Dana Prudential Syariah

Cara penarikan dana prudential syariah kurang lebih sama dengan penarikan dana pada prudential nonsyariah. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah anda hanya dapat mencairkan uang paling sedikit sebesar Rp 1 Juta. Sedangkan, sisa Saldo Prudential yang harus tersedia minimal Rp 3 Juta.

Nilai ini terlihat lebih banyak dari nilai minimum penarikan dana pada prudential biasa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kestabilan dan menghindari hutang-piutang pada polis asuransi nasabah. Untuk lebih memahaminya, anda dapat membaca tentang Asuransi Syariah Prudential (update soon).

 

Kesimpulan

Pada akhirnya selesailah pembahasan mengenai Penarikan Dana Prudential. Banyak diantara Nasabah Prudential Syariah yang telah melakukan cara yang dijelaskan di atas. Ternyata hasilnya cukup mudah, cepat dan tidak berbelit-belit.

Tentu saja setiap orang memiliki pengalamannya sendiri. Untuk anda, Yuk Ceritakan Pengalaman anda pada Kolom Komentar!

 

Semoga bermanfaat! =)

Silahkan, Sebarkan untuk Sahabat Anda!

 

Disclaimer : Kami tidak menyarankan anda untuk menarik dana asuransi prudential. Segala resiko yang muncul jika nasabah menarik dananya, menjadi tanggung jawab nasabah sepenuhnya. Harap berkonsultasi terlebih dahulu kepada agen prudential anda sebelum mengambil keputusan.

 

 

Punya Pengalaman Menarik? Yuk, CERITAKAN DI KOMENTAR!

Ingin Cek Saldo Prudential? CARI TAHU DISINI!

GRATIS Bantuan Penarikan Dana Prudential! KONSULTASI DISINI!

Cara Penarikan Dana Prudential

Silahkan, Berkomentar di Bawah!