cara cek saldo prudentialCara cek saldo prudential dapat dilakukan dengan berbagai cara dan sangatlah mudah. Hal ini berlaku untuk semua produk prudential dan prudential syariah. Sebelum membahas hal itu, mari kita pahami dulu apa yang dimaskud dengan saldo prudential.

Apa itu Saldo Prudential?

Seperti yang anda ketahui, produk asuransi PT Prudential Life Assurance yang paling diminati masyarakat adalah produk unit link, artinya perpaduan antara asuransi dan investasi. Dengan adanya porsi investasi, nasabah memiliki sejumlah nilai tunai yang diputar terus-menerus untuk menghasilkan keuntungan. Nilai tunai inilah yang menjadi saldo asuransi prudential anda.

Walaupun nilai tunai ini menghasilkan keuntungan dan dapat diambil kapanpun anda mau, sejatinya nilai tunai ini adalah untuk disimpan sebagai asuransi cadangan anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan mebaca: Saldo Tabungan Prudential, di ambil atau disimpan? Inilah 5 Kerugian Anda Menarik Saldo Prudential (update soon)

Bagaimana Cara Cek Saldo Prudential?

Untuk cek saldo pada polis asuransi anda, Prudential menyediakan berbagai cara untuk memudahkan nasabah melihat saldo prudential yang tersedia. Berikut akan dijelaskan cara cek saldo prudential dengan mudah, juga cara cepat cek saldo prudential anda.

A. Cek Saldo Prudential Melalui Laporan Transaksi Bulanan

Apabila anda baru terdaftar sebagai nasabah prudential, pastikan bahwa anda menerima laporan transaksi dari Prudential tiap bulannya. Laporan ini dapat berupa surat melalui kantor pos atau surat elektronik (email). Pilhan ini tersedia saat anda mengisi Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ).

Apabila sampai saat ini anda belum menerima laporan transaksi bulanan, harap segera menghubungi agen prudential anda. Agen prudential anda kemudian dapat memastikan semua data yang terdaftar di Prudential telah benar dan sesuai aslinya. Beberapa kesalahan yang mungkin terjadi adalah kekeliruan penulisan huruf pada alamat/email, kode pos, dan sebagainya yang menyebabkan surat tersendat di kantor pos.

Saldo prudential dapat anda lihat pada laporan transaksi bulanan. Walau demikian, laporan tersebut mengandung berbagai istilah yang hanya dimengerti oleh agen atau petugas prudential. Untuk itu, anda perlu meminta penjelasan kepada agen atau mengataui Cara Membaca Rincian Transaksi Prudential (update soon).

Saran: Cek saldo prudential melalui laporan transaksi bulanan bila anda telah menerima laporan tersebut setiap bulan.

 

B. Cek Saldo Prudential Melalui Agen

Agen prudential anda memiliki hak untuk mengakses semua data pribadi anda, untuk memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan. Salah satunya adalah mengecek saldo prudential yang anda miliki. Untuk itu, sangat baik untuk menjaga hubungan antara agen dan nasabah.

Dalam hal agen anda telah tidak aktif lagi, maka secara sistem anda akan mendapatkan agen baru untuk membantu anda. Biasanya informasi mengenai agen pengganti akan dikirim melalui sms dan surat bulanan apabila asuransi prudential anda masih aktif.

Saran: Cek saldo prudential anda melalui agen, bila agen prudential anda masih dapat dihubungi.

 

C. Cek Saldo Prudential Melalui Customer Service

Setelah agen, pusat bantuan yang dimiliki nasabah selanjutnya adalah Customer Service. Anda dapat mengurus segala hal yang berkenaan dengan polis anda melalui customer service, termasuk pengecekan nilai tunai pada polis prudential anda.

Anda dapat mengubungi customer server prudential melalui line berikut:

Prudential Customer Line: 1500085
Senin – Sabtu: 07.00 – 19.00 WIB
Pilih: Berbicara dengan customer relation officer / petugas CS

Kami menyarankan untuk menggunakan cara ini hanya dengan telepon rumah. Penggunakan telefon genggam akan beresiko menghabiskan pulsa yang lebih dari cukup. Ada kalanya, pulsa yang digunakan telah habis sesaat sebelum maksud dan tujuan kita tersampaikan. Apabila demikian, proses penelfonan pun harus mulai dari awal lagi, dengan petugas CS yang baru.

Ikuti petunjuk yang diberikan, siapkan data-data standar untuk diverifikasi sebagai pemegang polis yang sah seperti:

  • Nomor Polis
  • Nama Lengkap
  • Tanggal Lahir
  • Alamat terdaftar
  • Nomor Handphone terdaftar

Setelah terhubung, pilih untuk berbicara dengan customer relation officer atau petugas CS.

Apabila anda pernah menghubungi customer service prudential sebelumnya, anda tidak perlu lagi melakukan verifikasi data di atas. Anda cukup memberitahukan PIN customer service anda.

Saran: Cek saldo prudential anda melalui customer service, bila tersedia telefon rumah.

 

D. Cek Saldo Prudential Online

Cek Saldo Prudential secara Online adalah cara yang paling kami rekomendasikan. Bersyukur, Prudential Indonesia telah menyediakan platform online bagi para nasabah untuk mengecek segala hal yang berhubungan dengan polisnya. Platform tersebut bernama PRUaccess. Dengan PRUaccess, nasabah bisa cek saldo prudential dengan mudah dan cepat.

Melalui layanan PRUaccess Pemegang Polis dapat mengetahui:

Informasi Polis Informasi Proposal*
Saldo Unit, Nilai Unit dan Jenis Dana Investasi Status Proposal
Jumlah dan Jatuh Tempo Premi Jumlah Premi
Status Polis – Aktif atau Tidak Aktif Informasi Asuransi Dasar dan Tambahan
Transaksi Top-up Jenis Dana Investasi
Transaksi Penarikan Dana Informasi Tertanggung Utama & Tambahan
Polis Elektronik 

*sumber: pruaccess.prudential.co.id

Untuk mengetahui cara mendaftar pruaccess dan informasi lebih lanjut mengenai pruaccess, silahkan membaca tentang Pruaccess Prudential. Apabila anda tidak dapat mengakses pruaccess, ceritakan kepada kami untuk mendapat Bantuan Cek Saldo Prudential.

Untuk setiap nasabah, kami sangat menganjurkan untuk mendaftar Pru Access. Dengan pruaccess, setiap nasabah prudential dapat mengecek segala transaksi polisnya secara transparan, kapanpun dan dimanapun anda berada, termasuk cek saldo polis dan investasi di Prudential.

Saran: Cek saldo prudential anda melalui pruaccess prudential, bila email yang anda gunakan telah terdaftar pada prudential.

 

E. Cek Saldo Prudential Melalui SMS

Salah satu cara melihat saldo prudential yang paling mudah adalah dengan melalui SMS. Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Tekan *141*85# pada handpone anda
  2. Pilih menu ‘Infromasi Khusus Polis’
  3. Pilih menu ‘Nilai Tunai’
  4. Masukan Nomor Polis
  5. Masukan Tanggal Lahir

Perhatikan bahwa, demi keamanan nasabah, menu ini hanya dapat diakses melalui nomor handphone yang telah terdaftar pada prudential. Jadi, apabila anda tidak mengetahui nomor handphone yang terdaftar atau telah mengganti nomor handphone tersebut, anda tidak dapat melanjutkan ke menu selanjutnya.

Untuk mengetahui nomor hanphone yang terdaftar pada prudential anda dapat menanyakannya ke agen prudential anda atau melihatnya di buku polis asuransi prudential anda. Segala informasi mengenai asuransi prudential anda tertuang dalam buku polis.

Saran: Cek saldo prudential anda melalui handphone genggam (HP), bila nomor yang anda gunakan telah terdaftar pada prudential

Bagaimana Cara Cek Saldo Prudential Syariah?

Cara cek saldo prudential syariah sama saja dengan cara cek saldo prudential pada umumnya. Begitu pula dengan produk prudential lainnya. Pelayanan pengecekan saldo prudential berlaku untuk semua produk prudential, prudential syariah dan prudential tradisional.

 

Mengapa Saldo Prudential Saya Sangat Kecil?

Apabila anda telah berhasil melihat saldo prudential dan menemukan bahwa ternyata saldo prudential anda sangat kecil. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab:

1. Alokasi Porsi Investasi

Di awal pembuatan polis telah ditentukan, seberapa besar porsi yang akan masuk ke asuransi dan seberapa besar porsi yang akan masuk ke investasi dari premi yang anda kontribusikan. Pengalokasin porsi investasi ini berupa persentase, dengan maksimal persentasi sebesar 30 persen.

Sebagai contoh, apabila pak Ali membayar premi setiap bulannya dengan besaran satu juta rupiah per bulan (Rp 1 juta per bulan) dan porsi investasi sebesar 30%. Maka, perkiraan saldo yang ada pada tahun pertama bukanlah

Rp 1 Juta x 12 bulan = Rp 12 juta

Melainkan,

30% x Rp 1 juta x 12 bulan = Rp 3,6 Juta

Apabila porsi investasi di buat 0% (Full Proteksi), maka saldo yang akan tersedia pada tahun pertama pun akan Rp 0. Untuk itu, konsultasikan hal ini dengan agen anda saat penandatangan ilustrasi di awal.

2. Biaya Akusisi

Biaya akuisisi adalah biaya yang dibebankan perusahaan kepada nasabah baru sebagai bukti kesetiaan nasabah. Biaya akuisisi ini adalah wajar di setiap perusahaan asuransi dan instansi manapun. Ibarat di sekolah adalah uang pangkal.

Biaya akuisisi ini digunakan perusahaan untuk biaya operasional perusahaan dan biaya operasional agen. Dengan demikian, perusahaan dan agen dapat memberikan pelayanan terbaik untuk nasabahnya.

Biaya akuisisi ini tidak berpengaruh pada besarnya premi yang dikontribusikan per bulan, tapi berpengaruh pada porsi investasi yang dialokasikan (nilai tunai). Di tahun pertama, biaya akuisisi akan sangat besar, kemudian berkurang di tahun-tahun berikutnya, hingga pada tahun ke-5 tidak ada lagi biaya akuisisi. Semua porsi investasi akan dialokasikan 100% setelah tahun ke-5.

Untuk itu sangatlah wajar, apabila anda menemukan saldo prudential anda sangat kecil di awal-awal tahun. Hal ini untuk menghindari kerugian bagi perusahaan, dan bagi para nasabah akibat dari adanya praktik-praktik penyalahgunaan dalam pembuatan polis.

Karena pada dasarnya, pembuatan polis asuransi adalah perencanaan jangka panjang (10 – 20 tahun, atau seumur hidup). Itulah mengapa, setelah 10 tahun, nilai saldo prudential akan cukup besar. Pertumbuhkan saldo bahkan dapat menjadi dua kali lipat setelah 20 tahun, dan nasabah tidak perlu membayar premi lagi untuk mendapatkan manfaat asuransi yang sama -> Setelah 20 Tahun, GRATIS!

3. Cuti Premi

Cuti premi artinya nasabah berhenti membayar premi untuk sementara waktu. Dalam hal ini, biaya asuransi akan memotong saldo tabungan prudential yang ada, sehingga menyebabkan tabungan prudential nasabah berkurang. Semakin lama, seorang nasabah melakukan cuti premi, saldo tabungan prudentialnya akan semakin berkurang hingga Rp 0.

4. Pemilihan Investasi

Saat pembuatan polis di awal, agen anda akan menentukan investasi mana yang paling sesuai dengan profil anda. Hukum investasi adalah high risk, high return, artinya semakin kita menginginkan hasil investasi yang besar, semakin tinggi pula resiko kita merugi dalam investasi tersebut. Pemilihan investasi dengan hasil yang kecil boleh jadi adalah penyebab kecilnya saldo prudential anda. Di sisi lain, investasi jenis ini lebih aman dengan resiko kecil.

5. Hasil Investasi sedang Turun

Hasil investasi sangat berfluktuatif dan dipengaruhi banyak faktor. Dalam kondisi ekonomi yang sedang kurang baik, biasanya diikuti dengan penurunan hasil investasi di semua sektor. Hal ini dapat menyebabkan saldo prudential anda pada waktu tersebut lebih kecil dari pada waktu biasanya.

Bagaimana Supaya Saldo Prudential Saya Besar?

Berikut 5 Tips untuk memiliki saldo prudential yang besar:

1. Rutin Bayar Premi

Dengan rutin bayar premi, nilai saldo polis dan investasi di prudensial anda akan terus bertambah dengan sendirinya.

2. Pertahankan Polis Minimal 20 Tahun

Polis ibarat tanaman, semakin lama di tanam, buah yang dihasilkan akan semakin besar.

3. Pilih Investasi dengan Hasil Terbesar

Hasil investasi yang besar akan diikuti dengan resiko yang besar. Resiko ini hanya dapat dinetralisir apabila anda melakukan investasi jangka panjang, 10 – 20 tahun atau seumur hidup.

4. Top-Up dan Upgrade Premi Setiap Tahun

Top-Up artinya anda menambahkan modal investasi dengan sekali bayar. Sedangkan, upgrade premi artinya anda menambahkan besaran premi kontribusi yang dibayarkan secara rutin.

5. Hindari Cuti Premi

Kami menyarankan kepada semua nasabah untuk memilki saldo tabungan yang berbeda selain di asuransi. Sehingga, dalam kondisi kesulitan keuangan sementara, nasabah dapat menggunakan saldo tabungan jangka pendeknya dan terhindar dari cuti premi.

Karena pada dasarnya saldo tunai di prudential tidak sama dengan saldo tabungan di bank. Nilai tunai di prudential ada dengan tujuan asuransi dalam bentuk uang tunai, sedangkan saldo tabungan di bank biasanya ditujukan untuk keperluan jangka pendek.

Kesimpulan

Demikian, cara untuk mengecek saldo tabungan prudential dan prudential syariah. Selain, manfaat asuransi yang didapat, Prudential juga memberikan manfaat investasi berupa nilai tunai saldo tabungan tersebut. Saldo ini pada dasarnya adalah untuk menjaga asuransi anda tetap berjalan dikala anda dalam kesulitan untuk membayar.

Saldo prudential anda adakalanya naik dan adakalanya turun, sesuai dengan investasi yang dihasilkan. Namun, seiring berjalannya waktu saldo tersebut PASTI terus bertambah. Pertambahan yang terasa adalah ketika umur polis telah 10 tahun, bahkan dapat menjadi dua kali lipat setelah polis berusia 20 tahun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki asuransi dan saldo prudential dalam jangka panjang.

Kemudian, setelah berbagai pertimbangan, anda mengingkan untuk melakukan penarikan dana prudential. Anda bisa cek saldo prudential dengan cara yang paling sesuai dengan kondisi anda.

  • Pilihan termudah adalah bertanya kepada agen.
  • Apabila anda telah menerima surat laporan rutin bulanan, anda dapat meminta penjelasan agen untuk membaca saldo prudential anda dari situ.
  • Anda dapat  pula menelpon customer service prudential dengan menggunakan telefon rumah.
  • Jika alamat email anda telah terdaftar pada prudential, daftarkan diri anda pada pru access.
  • Jika nomor HP anda telah terdaftar pada prudential, anda bisa menggunakannya untuk mengecek saldo dengan verifikasi nomor polis dan tanggal lahir.

Investasi saldo prudential dapat diibaratkan seperti menanam pohon. Di awal, pohon hanyalah tunas. Lambat laun, mulai tumbuh dedaunan. Pohon terus dipupuk, dipupuk, dipupuk dan disiram dengan air. Di kemudian hari, maka pohon tersebut akan menghasilkan buah yang harum dan enak dimakan.

Semoga bermanfaat! =)

Boleh, Sebarkan dan Beri Komentar!

 

Ada yang Belum Jelas? Yuk,  TANYAKAN DI KOMENTAR!

Ingin Bisa Cek Saldo Online? Ketahui CARANYA DISINI!

Ingin Dibantu Cek Saldo Prudential? Gratis, CEK DISINI!

Cara Cek Saldo Prudential
Tagged on:                                         

Silahkan, Berkomentar di Bawah!

%d bloggers like this: